10 lokasi prostitusi disurve

14 Dec

Untuk meminimalisir pengidap HIV Aids di Kabupaten Bekasi dinas Kesehatan membentuk pemetaan resiko melalui zero surve. Pemetaan tersebut dilakukan di 10 titik tempat lokalisasi yang ada di Kabupaten Bekasi. Yang menjadi sasaran surve tersebut merupakan wanita pekerja seksual (wps). Surve tersebut dilakukan dalam kurun waktu satu minggu.

Kepala dinas Kesehatan Ari Muharmansyah Boestari menyatakan di Kabupaten Bekasi diprediksi WPS yang mengidap HIV Aids cukup besar. menurutnya data yang dimiliki oleh komisi penanggulangan aids Kabupaten Bekasi yang mencapai 390 merupakan data yang sudah climis, sudah positif mengidap. Sementara yang baru gejala diprediksi masih cukup besar. ”kalau data yang ada di KPA itu yang sudah positif. Yang baru gejala-gejala ini yang masih banyak” paparnya.

Pemetaan ini menurut Ari bertujuan untuk mengetahui pengidap yang baru mengalami gejala semata. Tanda-tanda orang yang mengidap HIV Aids di antaranya saat usai melakukan hubungan keluar nanah. Ini sudah bisa dipastikan kalau ia mengidap penyakit HIV Adis. Jika sudah terdeketksi dengan adanya gejala penyakit HID Adis ini harus segera memeriksakannya ke puskesmas yang menyediakan pelayanan tersebut. ”yang baru terdeteksi seperti ini yang kadang belum sadar kalau ia mengidap HIV” terang dokter ahli jantung tersebut.

Lebih lanjut Ari menyatakan kalau diadakannya program tersebut bukan hanya untuk mengetahui berapa jumlah pengidap HIV Aids. melainkan juga untuk memutus rantai penularan virus yang cukup berbahaya tersebut. Sebab di WPS di Bekasi ini diduga banyak yang sudah mengidap virus tersebut namun mereka tidak sadar. Dengan zero surve ini diharapkan mereka bisa sadar dan mau memeriksakan dirinya. ”ini bukan mencari siapa yang terdeteksi atau yang ga terdeteksi. Melainkan untuk memutus rantai penularan virus” tambahnya.

Untuk mendukung program tersebut puskesmas yang dikhususkan untuk menangani masalah tersebut sudah disiapkan. Diantaranya puskesmas yang menangani inveksi menular seksual (IMS). Puskesmas polinterik konseling tes (puskesmas visiti) dan puskesmas hamredaktion yang menangani masalah upaya penurunan resiko transmisi HIV. Puskesmas tersebut ada di Cikarang Utara, Tambun Selatan dan Babelan. ”kami sudah siapkan tempat-tempat berobatnya” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: