Tetap Bercocok Tanam Walau diBayangi Kegagalan

22 Nov

Bekasi2025-Walau mengalami kegagalan di musim panen beberapa waktu lalu, namun tidak membuat warga enggan untuk bercocok tanam kembali. Sebab bertani merupakan salah satu andalan warga setempat untuk menggantungkan kebutuhannya. Mereka tidak lantas enggan bercocok tanam hanya gara-gara kegagalan. Menurutnya kegagalan merupakan hal yang biasa saja. Namun ia juga berharap di musim tanam kali ini tidak ada lagi kegagalan panen.

Salah satu petani Encep mengaku tidak merasa takut untuk menanam kembali. Menurutnya jika petani takut bercocok tanam lantaran kegagalan panen sebelumnya mereka tidak akan dapat mendapatkan penghasilan. Apalagi sebagian warga Karang Sambung mengandalkan pertanian untuk menggantungkan hidupnya. Mereka pun mau tidak mau harus bercocok tanam kembali. “kalau gagal lantas kami ga bercocok tanam kami mau ngapain lagi” tutur Encep.

Encep menjelaskan pada panen beberapa waktu lalu warga desa Karang Sambung cukup terpukul. Sebab rata-rata mereka mengalami kegagalan. Lahan seluas satu hektar yang dalam kondisi normal bisa menghasilkan padi basah sekitar lima sampai enam ton namun pada panen beberapa waktu lalu tidak sampai sama sekali. Bahkan ada yang tidak bisa dipanen lantaran serangan hama wereng. ”kalau melihat panen yang kemarin payah banget, abis nasib petani” jelas kakek empat cucu tersebut.

Namun warga Karang Sambung berusaha untuk bangkit kembali. Encep pun berharap pada musim tanam kali ini tidak ada lagi hama wereng yang menyerang. Menurutnya jika sampai hama wereng kembali beraksi petani akan benar-benar terpukul lantaran dibayang-bayangi oleh kegagalan panen kedua kalinya dan berturut-turut. “semoga aja ga ada hama wereng lagi. Biar petani lega gitu aja” jelasnya dengan nada memelas.

Walau ada serangan hama wereng namun tidak membuat dinas tergerak. Ia menjelaskan sampai saat ini tidak pernah mendapatkan bantuan obat atau pelatihan untuk menanggulangi serangan hama wereng. Menurutnya petani di desa tersebut berjalan sendiri-sendiri. “ga ada arahan atau bantuan obat dari dinas terkait” jelasnya.(jo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: