Guru SBI wajib miliki toefl

18 Nov

Bekasi 2025-Untuk meningkatkan mutu pendidikan di lingkungan sekolah berstandar international (SBI) dinas pendidikan membuat kebijakan semua guru SBI wajib memiliki nilai toefl. Disdik menentukan nilai minimal toefl yang harus dimiliki guru adalah 450. dengan adanya nilai toefl tersebut minimal keahlian berbahasa inggris guru SBI bisa dipertanggung jawabkan. Bagi guru SBI yang tidak mampu memenuhi nilai toefl maka bersiap-siaplah untuk hengkang dari sekolah bertaraf internasional. Sebab disdik bakal mengoper guru SBI ke sekolah lain yang tidak mempunyai gelar SBI jika tidak mampu memenuhi nilao toefl di tahun 2011.

Kepala dinas pendidikan, Rusdi menyatakan kalau program ini samata-mata untuk menjaga kualitas guru SBI yang ada di Kabupaten Bekasi. Ia tidak mau SBI yang ada di Kabupaten Bekasi kualitas tenaga pengajarnya dengan sekolah biasa. Sebab SBI sendiri merupakan sekolah unggulan yang dimiliki suatu daerah. Jika tidak ada perbedaan antara sekolah SBI dan sekolah biasa berarti mutu pendidikan yang ada di Kabupaten Bekasi sangatlah rendah. “SBI itu sekolah unggulan. Mutu tenaga pendidiknya juga harus unggul dan memiliki keahlian lebih dibandingkan guru sekolah biasa” beber lelaki kelahiran Cilacap tersebut.

Rusdi menjelaskan sebelum mengevaluasi tenaga pengajar soal nilai toefl, pihaknya akan memberikan toleransi waktu kepada para guru supaya meningkatkan nilai tofelnya. Para guru SBI diberikan program khursus bahasa inggris untuk meningkatkan berbahsa inggrisnya. Sebab yang diwajibkan memiliki nilai toefl bukan hanya guru bahasa inggris saja. Namun semua guru mata pelajaran yang ada di SBI. “semua guru SBI, baik guru pelajaran muatan local seperti bahasa Sunda juga wajib memiliki nilai toefl” tambah lelaki yang tinggal di bilangan Cibitung tersebut.

Untuk biaya kurus bahasa inggris ini semuanya ditanggung oleh Disdik. Sebab peningkatan mutu tenaga pendidik merupakan kewajiban pemerintah. Rusdi menjelaskan kegiatan peningkatan mutu pengajar SBI khususnya di bidang bahasa inggris pernah dilakukan pada tahun 2009. sedangkan untuk tahun 2010 program peningkatan kualitas guru SBI berhenti. Untuk tahun 2011 akan dilanjutkan lagi dan difakuskan pada toefl. “program peningkatan mutu ini sudah pernah berjalan tahun 2009. tapi sekarang ini khusus peningkatan toefl” tambah alumni pasca sarjana Universitas Negeri Jakarta tersebut.

Sementara untuk rintisan sekolah bertaraf international (RSBI) belum dikenakan kewajiban memiliki nilai toefl. Sebab untuk RSBI belum mendapatkan pengakuan dari pusat. RSBI di Kabupaten Bekasi hanya baru mendapatkan pengakuan dari tingkat propinsi semata. “kalau guru RSBI belum ada kewajiban sampai tingkat toefl” bebernya.

Untuk sekolah SBI yang ada di Kabupaten Bekasi, Sekolah Dasar Negri 11 Jatimulya Tambun Selatan, SMAN 1 Tambun Selatan dan SMK 2 Cikarang Barat. Ketiga sekolah ini gurunya wajib memiliki nilai toefl 450 jika tidak mau dipindah ke sekolah lain.(jo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: