Warga Miskin di Bekasi Masih Tinggi

9 Nov

Bekasi 2025-Berdasarkan data badan pemberdayaan penanggulangan kemiskinan Kabupaten Bekasi, Kecamatan Karang Bahagia menempati posisi pertama jumlah penduduk miskin di Kabupaten Bekasi. Disusul kecamatan Babelan dan di urutan ketiga kecamatan Cikarang Utara. Kecamatan Karang Bahagia sendiri berdasarkan hasil sensus 2010 jumlah penduduknya 90.450. sementara jumlah orang miskinnya 15.072 (lima belas ribu tujuh puluh dua). Sedangkan untuk kecamatan Babelan jumlah penduduknya 209.249. sedangkan jumlah penduduk miskinnya sekitar 11.366 jiwa. Sementara untuk kecamatan Cikarang Utara jumlah penduduknya 230.721. sedangkan jumla penduduk miskinnya 11.300 jiwa.

Kordinator badan pemberdayaan penanggulangan kemiskinan, Darip Mulyana menyatakan jumlah penduduk miskin yang ada di Kabupaten Bekasi masih sangat tinggi. berdasarkan data yang dihimpunnya data orang miskin di Kabupaten Bekasi pada tahun 2010 berjumlah 201.319 jiwa. Jumlah tersebut menurut Darip dibagi menjadi dua kategori, miskin alasan ekonomi dan miskin non ekonomi. Untuk jumlah miskin alasan ekonomi berjumlah 166.750 jiwa. Sedangkan untuk kategori miskin non ekonomi berjumlah 34.569 jiwa. “ada dua kategori kemiskinan yang ada di Kabupaten Bekasi yang harus segera dituntaskan” tutur wakil bupati Bekasi tersebut.

Darip menjelaskan penduduk miskin dengan alasan non ekonomi merupakan warga yang mempunyai penghasilan cukup atau punya rumah besar namun masih bersikap primitive. Lantai rumah mereka masih berupa tanah walau rumahnya atau penghasilannya cukup. Selain itu mereka juga tidak mempunyai tempat buang air (wc). Jika sakit berobatnya tidak kedokter, melainkan ke para normal. “mereka masuk kategori miskin” tambah ketua DPD Golkar tersebut.

Namun untuk pemberdayaan warga miskin ini, mereka tidak mendapatkan prioritas. Yang diutamakan menurut Darip adalah warga yang miskin lantaran ekonomi. Warga inilah nantinya yang akan diberdayakan supaya bisa meningkatkan taraf kehidupannya. Ia menjelaskan untuk memberdayakan warga miskin ini akan membuat program untuk meningkatkan pendapatan dengan usaha kecil menegah. ”nantinya mereka akan dibantu untuk usaha biar bisa mandiri” tambah mantan camat Bantar Gebang tersebut.

Ia mengakui untuk tahun 2010 ini peran badan pemberdayaan penanggulangan kemiskinan memang kurang mendapatkan perhatian. Hal ini menurut Darip lantaran minimnya anggaran yang ada. Namun di tahun 2011 mendatang Darip berjanji akan lebih meningkatkan peran badan pemberdayaan kemiskinan tersebut untuk meningkatkan taraf hidup warga tidak mampu. ”tahun 2010 ini memang anggaran kami minim, makanya ga ada gregetnya”pungkasnya.(jo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: