PC NU Kabupaten Dukung Soeharto jadi Pahlawan

25 Oct

Bekasi 2025-Di tengah kontrofersi pemberian gelar pahlawan bagi Soeharto justru dukungan mengalir dari ketua PC NU Kabupaten Bekasi. PC NU Kabupaten Bekasi secara tegas mendukung pemberian gelar bagi mendiang penguasa orde baru tersebut. Adapun adanya tuduhan kalau Soeharto melanggar hak asasi manusia, PC NU meminta supaya dibuktikan terlebih dahulu. Jika memang ada pelanggaran itu wajar saja dan tidak sebanding dengan jasa yang diberikan bagi Indonesia.

Ketua PC NU Kabupaten Bekasi, Munir Abbas Buchori menyatakan sangat mendukung dengan usulan pemberian gelar bagi Soeharto. Menurutnya Soeharto sudah memberikan suatu keteladanan dan membawa Indonesia lebih baik lagi. Jasa-jasa Soeharto dinilainya telah membawa Indonesia lebih maju walau belakangan ada permasalahan tersendiri. Permasalahan yang berujung pada lengsernya kepemimpinan Soeharto tersebut dinilai Munir sebagai sesuatu yang wajar. Mengingat Soeharto merupakan manusia biasa. ”jasa-jasa Soeharto cukup besar, makanya pantas jika diberikan gelar pahlawan” ungkap pengasuh pondok pesantren Ulumul Quran Lambang Jaya tersebut.

Selain masalah jasa, Munir juga menyatakan kalau pemikiran-pemikiran Soeharto patut mendapatkan penghargaan. Penghargaan sebagai pahlawan menurut Munir merupakan penghargaan yang tepat. Ia pun menghimbau kepada pihak-pihak yang mempermasalahkan pemberian gelar pahlawan bagi Soeharto supaya berpikir bijak. ”marilah berpikir bijak, jangan sampai dilihat dari sisi jeleknya saja” tambah dosen UNISMA tersebut.

Kesalahan yang pernah dilakukan Soeharto menurut Munir adalah manusiawi. Lebih lanjut Munir juga menjelaskan Soekarno yang telah mendapatkan gelar pahlawan terlebih dahulu juga tidak lepas dari kesalahan. Sebab mereka merupakan manusia biasa yang tidak luput dari salah. Akan sangat disayangkan jika pemberian gelar ini gagal lantaran gara-gara permasalahan masa lalu yang diungkit-ungkit kembali. ”itu manusiawi, dimaklumi aja dan lihat jasa-jasanya” beber mantan anggota DPRD dari parti Golkar tersebut.

Soeharto sendiri diusulkan bersama tujuh nama lainnya, mantan Gubernur DKI Ali Sadikin yang diusulkan dari Jawa Barat, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dari Jawa Timur, Andi Depu dari Sulawesi Barat, Johanes Leimena dari Maluku, Abraham Dimara dari Papua, Andi Makkasau dari Sulawesi Selatan, dan Pakubuwono X yang juga diusulkan dari Jawa Tengah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: