Mantan Kadisdik Tersangka Kasus Multimedia

24 Sep


Tersangka kasus multimedia bertambah satu lagi. Kini yang menjadi tersangka merupakan mantan kepala dinas pendidikan pada tahun 2007, dengan inisial TSK. TSK ditetapkan sebagai tersangka sejak tanggal satu September 2010. Berhubung bertepatan pada bulan Ramadan penetapan tersebut tidak dipublikasikan. Ini sekaligus untuk menampik tuduhan kalau penyidikan kasus multimedia berhenti seperti yang dituduhkan oleh kalangan LSM. Penetapan TSK sendiri berdasarkan surat nomor 2978/0.2.35/fd.1/09/2010. yang dikeluarkan pada tanggal satu September.
Kepala kejaksaan negeri Cikarang Undang Mugompal menyatakan ditetapkannya TSK sebagai tersangka berdasarkan bukti yang diperoleh tim penyidik yang menemukan adanya keterlibatan selain Een Suwandi yang terlebih dahulu telah menjadi tersangka. Undang menambahkan tim penyidik menemukan dua alat bukti yang menunjukkan keterlibatan TSK. Alat bukti tersebut menurut Undang berasal dari keterangan saksi-saksi dan dokumen atau surat serta keterangan ahli. “setelah diselidiki ada bukti yang menyatakan kalau TSK terlibat. Makanya kami tetapkan TSK sebagai tersangka” ujarnya ketika ditemui di ruangannya.
Menurut Undang TSK mempunyai peran yang cukup penting atas kasus multimedia tersebut. sebab TSK telah dengan sengaja merubah peran model pembelanjaan dari satuan menjadi paket. Perubahan ini menurut Undang tidak dilengkapi dengan rincian kegiatan anggaran (RKA). Menurut Undang yang menjadi permasalahan tidak hanya merubah semata melainkan adanya mark up anggaran. “kalau dari satuan ke paket semestinyakan lebih murah. Ini sama aja harganya. Selian itu ia juga melibatkan kepala sekolah yang tidak mempunyai kapasitas di bidangnya” imbuhnya.
Undang juga menjelaskan tersangka masih bisa bertambah tergantung dari keterangan dua tersangka tersebut. sebab saat pengadaan barang TSK mempunyai rekanan. Namun untuk saat ini Undang masih merahasiakan rekanan TSK tersebut. hal ini mengingat rekanan tersebut merupakan orang luar Bekasi. Jika diungkap dikawatirkan rekanan tersebut akan kabur. “rekanannya ini yang mempunyai cv. Tapi jangan diungkap dulu nanti malah kabur” bebernya.

Untuk saat ini kejaksaan telah menyiapkan pemberkasan keterlibatan TSK terhadap kasus multimedia ini. Sementara pemberkasan Een Suwandi sudah selesai dan siap untuk dilimpahkan ke pengadilan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: