Jejak Hizbullah di Bumi Bekasi

24 Sep

Melihat upaya mengenang sejarah perjuangan laskar Hizbullah Sabilillah di Cibarusah
Akan dibangun monument, untuk mengenang keberadaan laskar hizbullah

Sekumpulan anak muda yang tergabung dalam wadah organisasi gerakan pemuda Anshor mendeklarasikan pembangunan membangun monument sejarah untuk mengenang sejarah perjuangan laskar hizbullah-sabilillah yang ada di Cibarusah Kabupaten Bekasi. Sebab keberadaan laskar hizbullah tersebut mempunyai andil yang cukup besar untuk kemerdekaan Negara Indonesia. Jika dibiarkan begitu saja diakwatirkan sejarah perjuangan laskar hizbullah yang dipimpin KH. Wahid Hasyim pada tahun 1937 akan hilang begitu saja seiring perkembangan jaman.

Ahmad Khumaidi

Ruangan lantai dua hotel Grand Zuri terlihat sangat ramai. Di depan sebagai pembicara ada tokoh pemuda Munawar Fuad. Selain itu juga ada ketua PC NU Kabupaten Bekasi, Munir Abas Buchori, sejarawan Bekasi, Ali Anwar serta ketua GP Ansor pusat Endang Shobirin serta ketua GP Ansor tingkat cabang se Jawa Barat. Perkumpulan mereka di hotel Grand Zuri tersebut untuk membahas tentang rencana pembangunan monument laskar Hizbullah-Sabilillah yang rencananya akan dibangun di samping masjid Mujahidin Cibarusah. Dalam pertemuan tersebut direncanakan kalau pembangunan monument akan dimulai pada tahun 2011.

Pencetus ide pembangunan monument, Munawar Fuad Noeh menyatakan kalau ide tersebut semata-mata untuk mengenang jasa laskar bentukan NU tersebut. Sebagai tokoh pemuda yang sejak kecil mengalir darah ke NUan ia merasa terpanggil untuk mendirikan monument guna mengenang para tokoh pejuang tersebut. ia mengaku untuk membangun monument ini sudah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Menurutnya tokoh-tokoh nasional sudah setuju dengan ide besar yang digagasnya tersebut. menurutnya sejumlah nama seperti KH. Makruf Amien, KH. Sholahuddin Wahid, Cholid Mawardi, Slamet Effendy Yusuf, Chairul Anam, Saifullah Yusuf, Syaiful Hadi, Sofandi Nawawi, Munir Abbas, Jamaluddin Nawawi, Zuhdi Muhdlar, Mohammad Fikrie, Endang Shobirin, dan keluarga besar GP Ansor se-Jawa Barat sudah menyetujuinya. “kami sudah mendapatkan perhatian dan restu dari berbagai pihak. Tinggal pelaksanaannya aja” ujarnya.

Untuk membangun monument ini, Munawar tidaklah menggunakan dana pribadi. Ia mengaku akan membentuk semacam panitia nasional. Sebab bagaimanapun monument nasional sifatnya tidak sembarangan dibuat. Ia pun akan menggalang dana dari para tokoh-tokoh yang ada saat ini. “kami inisiator aja, nanti akan ada semacam panitia dan selanjutnya kami tinggal sebagai fasilitator” tambah dosen Presiden University tersebut.
Ketua PC NU Kabupaten Bekasi, Munir Abbas dengan semangat mendukung pembangunan monument tersebut. ia menilai pembangunan monument sangat dibutuhkan mengingat peran laskar Hizbullah sangat besar. Apalagi keberadaannya ada di wilayah territorial Kabupaten Bekasi. “kami sangat mendukung pembangunan ini. Apalagi ini menyangkut jejak perjuangan para ulama NU yang telah mengharumkan nama bangsa” ujarnya bersemangat saat memberikan sambutan.

Namun sejarawan Bekasi, Ali Anwar menyatakan kalau pembangunan monument sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia dinilai kurang tepat. Menurutnya akan lebih tepat jika disebut sebagai monument Hizbullah. Ia pun mengaku lebih setuju dengan sebutan tersebut. ia beralasan kalau membuat monument harus ada peristiwa. Menurutnya peristiwa Hizbullah sudah sangat besar mengingat peristiwa tersebut merupakan peristiwa nasional. Selain itu keberadaan Hizbullah di Cibarusah nyata adanya. “harus focus dan tegas. Jangan sampai monument yang akan dibangun ini sifatnya umum. Apalagi laskar Hizbullah bukan peristiwa yang sepele” ujar sejarawan yang berkacamata tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: