Beragama dengan Akal

20 Sep

Ronde 1:

Tadi malam saya main ke rumah tetangga. Ngobrol sana kemari sekalian silaturahmi. Mumpung masih idul fitri. Setelah nanya keluarga dan gosip kerjaan dan situasi lebaran. Tetangga saya ngomong:

“Menurut nt gmana tuh kalo lebaran jatuh pada hari Jumat? Kalau saya berfikiran sih ya, udah kita kerjain aja dua-duanya. Kalau zaman nabi kan masjidnya cuma sedikit, makanya dibolehkan tidak sholat jumat kalau sholat sudah sholat id pagi harinya. ya kan? Beragama kan harus sesuai dengan akal? gmana menurut nt?

Aku yang ditanya cuma senyum-senyum sambil mikir…

****

Ronde 2:

Beberapa tahun yang lalu, waktu masih jadi marbot, aku pernah ngasih tau temen kalo wudhuk itu jangan boros-boros air. Karena nabi pernah ngomong kayak gitu [sambil bingung mikir haditsnya yang mana]. Kebetulan waktu ngomong kayak gitu ada pak dullah, jamaah masjid yang sering jadi imam. Dia bilang:

“Hei min, Berhemat air itu dulu waktu zaman nabi. Sekarang kan air dah banyak. Tinggal buka keran langsung deh tuh lo wudhuk”. Bener ga?

Hehehe… (Nyengir dan haditsnya malah bener-bener lupa).

****

Ronde 3

Nyambung yang tadi malam nih sama tetangga,

“Gw mau nanya lagi nih” lanjut tetanggaku, padahal sama pertanyaan pertamanya aku masih cuma senyum-senyum.

“Kalo kita wudhu ya, kenapa yang dibasuh muka, tangan, rambut, kaki. Padahal kan yang kotor kan kemaluan, ketek, bener kan?”

****

Ronde 4

Ceramah Cahaya Ramadhan di bulan puasa kemarin. ustadznya bilang gini:

“Jamaah Sholat zuhur sekalian, Kalau kita sakit mata, yang disuntik matanya apa pantatnya?

****

3 Responses to “Beragama dengan Akal”

  1. Maren Kitatau September 20, 2010 at 7:58 pm #

    Minum di kala haus ialah minum yg masuk akal.
    Minum yg tak masuk akal ialah minum di kala belum haus.
    Biasanya yg tak masuk akal lebih baik dari pada yg masuk.

    Salam Kenal

    • bekasi2025 September 21, 2010 at 4:29 am #

      Ada betulnya tuh. Dan adakalanya, apa yang tak masuk akal hari ini, besok bisa jadi masuk akal. Dulu aja orang pikir bumi pusat tata surya, dan yang menentang pendapat ini bakal dibumihanguskan. eh sekarang terbukti secara ilmiah. Salam kenal juga

    • Maren Kitatau September 22, 2010 at 3:08 pm #

      Sering hal yg masuk akal merusak dan sebaliknya menyehatkan. Urusan rohani kebanyakan hal tak masuk akal, itu menyehatkan dan menumbuhkan roh kita. Bersahabat dgn yg orang kita benci adalah hal yg tidak masuk akal, tapi itu menyehatkan jiwa.

      Salam Damai!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: