Memindahkan Ibukota

6 Sep

Apa lagi yang kita cari di Jakarta? Pertanyaan ini sepertinya layak kita tanyakan kembali. Sebagai Ibukota Jakarta, ia tak lagi ramah (Sebenarnya memang tak pernah ramah). Kemacetan, banjir, tindak kejahatan yang semakin meningkat sudah menjadi wajah Ibukota kita. Lantas apalagi sih yang kita cari?

Tampaknya ekonomi lagi-lagi menjadi alasan. Ibarat kue, jakarta adalah sepotong roti yang masih saja mengundang semut untuk berlomba mendapatkan remah-remahnya. Masalahnya kue ini memang hanya ada disini. bayangkan saja, hampir 60 persen APBN kita adanya di Jakarta. sisanya dibagi ke daerah-daerah.

Salah satu cara agar Jakarta tak lagi menjadi tujuan satu-satunya adalah dengan mengadakan daerah atau kota baru yang dapat menjadi alternatif. Buang tuh kue ke tempat lain agar semutnya mengikuti. Batam bisa dijadikan contoh. Tapi tampaknya belom cukup. Daerah-daerah seperti ini harus segera diciptakan.

Kalau mau, ide pemindahan ibukota juga menjadi pilihan yang sangat bisa diterima. Mungkin bisa diperdebatkan. Seperti hongkong, dengan penduduk yang sangat padat, mereka bisa mengatur kotanya. Tapi kita bukan Hongkong. Tak sepadan Indonesia dibandingkan dengan Hongkong. Pemindahan Ibukota bukan sekedar memindahkan Ibukota dari Jakarta ke daerah lain. Tetapi juga soal bagaimana kue ini dapat dirasakan oleh manusia Indonesia lain dibagian wilayah lain. Ini soal bagaimana agar jakarta tak lagi menjadi tujuan satu-satunya untuk memperbaiki hidup. Soal bagaimana mengukur kemampuan kita membuat dan menyusun visi Indonesia yang lebih sejahtera, tidak hanya bagi sebagian rakyat, tapi juga seluruhnya. Disini dan disana. Yang kelihatan dan tidak kelihatan. Yang tersensus ataupun tak tersensus. [Tulisan ini mendukung berita: http://www.detiknews.com/read/2010/09/06/130427/1435917/10/prabowo-pemindahan-ibukota-masuk-akal?991102605]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: