Berbuat Baik Kepada Sesama Muslim

7 Sep

Berbuat baik kepada sesama muslim adalah salah satu anjuran dalam agama islam. Bahkan dalam salah satu hadits, Nabi mengatakan: ” Manusia yang paling dicintai Allah adalah orang yang bermanfaat bagi mereka. Sedangkan amal yang paling dicintai oleh Allah adalah kebahagiaan yang kamu berikan kepada seorang muslim”. (Ahabbunnaasi ilallaahi Anfauhum, Wa ahabbul A’maali ilallaahi sururun tudkhiluhu ala mukmin) [Dari Ibnu Umar, Akhrojahu ibnu Abi AdDunya].  Bagaimana cara memberikan kebahagiaan? hadits itu memberikan 3 cara: 1). Menghilangkan Kesusahannya, 2). Membayarkan hutangnya, 3). Menjauhkannya dari Kelaparan.

Dalam satu buku kecil berjudul Membahagiakan Sesama Muslim (Idkhal as Surur ala al Muslim), Ustadz Majdi As Sayyid, secara rinci mengambarkan bagaimana cara berbuat baik kepada saudara kita sesama Muslim. Dalam Hadits lain riwayat Muslim dari Abu Hurairoh, Nabi kita berkata: “Siapa yang mau menghilangkan kesusahan-kesusahan dunia, maka Allah akan menghilangkan kesusahannya di akhirat. Allah menolong hamba-Nya yang selalu menolong saudaranya”.

Selanjutnya beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membahagiakan orang lain diuraikan Majdi As Sayyid sebagai berikut:

1. Mengutamakan dan mendahulukan orang lain. Allah berfirman: “…Dan mereka mengutamakan (orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan”. (Al Hasyr: 9).  Ada satu kisah luar biasa yang menggambarkan bagaimana mengutamakan orang lain ini dipraktekkan oleh orang-orang islam.  Bahwa dalam perang Yarmuk, ada tiga pejuang islam rela mati dan tidak minum air terlebih dahulu karena mengutamakan teman-temannya.

2. Mengucapkan Selamat. Mengucapan selamat juga dapat membahagiakan orang lain. Bila orang tersebut mendapatkan nikmat batin dan harta. Misalnya: Perkawinan, Melahirkan Anak, Mengenakan baju baru, kembali dari bepergian, sembuh dari sakit, bertobat dari perbuatan dosa dan Hari Raya.

3. Mendoakan orang lain, baik yang masih hidup ataupun sudah meninggal. Nabi bersabda: “Doa Muslim buat saudaranya tanpa sepengetahuannya adalah dikabulkan”. (HR.Muslim).

Bersambung…

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: